Rabu, 03 Juni 2015

Fobia Pada Diri Manusia


Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan terhadap suatu hal atau fenomena. Mungkin kita memiliki fobia fobia tertentu yang mungkin dapat menghambat hidup kita. Seseorang mungkin saja dapat memiliki suatu fobia jika sudah memiliki objek yang ditakutinya lalu selalu berhadapan dengan objek tersebut sehingga tidak dapat menahan fobia. Ketakutan tersebut dapat berasal dari pengalaman buruk terhadap fobia tersebut, merasa jijik dengan objek fobia, dsb.

Terdapat berbagai macam fobia diantaranya: 
1. Social phobia, yaitu takut bersosialisasi dengan orang lain. Penderita fobia ini memiliki ketakutan fisiknya dihina orang lain, tidak percaya diri ketika menghadapi orang lain, dan orang menilai buruk segala sikapnya. Mungkin saja penderita fobia ini memiliki pengalaman buruk ketika bersosialisasi dengan orang lain seperti dibully dan pengalaman buruk lainnya.
2. Arachnophobia, adalah ketakutan akan laba-laba. Penderita fobia ini akan merasa geli bahkan mengalami histeris yang berlebihan ketika ada laba-laba didekatnya bahkan menyentuh tubuhnya. Penderita fobia ini biasanya memiliki stigma yang berlebihan akan rasa jijik atau takut terkena bisa dari jenis laba-laba tertentu (contohnya tarantula).
3. Neophobia, adalah ketakutan terhadap segala hal baru. Penderita fobia ini biasanya berasal dari suku terasing yang memegang prinsip tidak mau menerima hal baru dari dunia luar atau seseorang dari generasi terdahulu yang kukuh mempertahankan benda dan budaya yang sudah lama.
4. Triskaidekaphobia, adalah ketakutan terhadap angka 13. Penderita fobia ini adalah seseorang yang terlalu mempercayai mitos angka 13 dan segala hal yang berkaitan dengan 13 adalah suatu kesialan. 
5. Claustrophobia, adalah ketakutan akan ruangan sempit. Seseorang yang mengalami fobia ini akan mengalami kepanikan luar biasa, berkeringat dingin dan gugup ketika berada pada ruangan sempit. Penderita fobia ini biasanya pernah megalami hal buruk dengan ruangan sempit seperti terjebak dalam lift dengan waktu yang lama, terjebak dalam wc umum, dsb.
6. Emetophobia, adalah ketakutan mual dan muntah. Penderita fobia ini merasakan jijik yang berlebihan ketika melihat atau mendengar suara mual atau muntah sehingga otak dari penderita akan mendoktrin penderita untuk mual atau muntah.
7. Arithmophobia, adalah ketakutan terhadap angka. Biasanya penderita mempunyai daya nalar berfikir matematis yang kurang dan selalu mendapat nilai jelek pada pelajaran yang menghitung angka sehingga selalu takut dengan angka.

Fobia-fobia tersebut sebenarnya dapat disembuhkan dengan cara beradaptasi dengan fobia-fobia tersebut dan kita harus mendoktrin pikiran kita bahwa fobia tersebut adalah hal yang biasa saja.

Referensi:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Fobia