Selasa, 24 November 2015

Review Aplikasi CCleaner


CCleaner merupakan sebuah freeware hasil karya dari sebuah perusahaan di Inggris bernama Piriform. Perusahan ini berusaha untuk mengembangkan berbagai software untuk dapat memaksimalkan PC Anda. CCleaner dapat didownload langsung dari website resminya yang beralamat di www.ccleaner.com. Software ini memiliki interface yang mudah untuk dipergunakan. Menu utama terdapat pada sisi kanan dengan icon-icon menarik yang menggambarkan berbagai feature dan fungsi dari CCleaner itu sendiri.

CCleaner berguna untuk mengoptimalkan sistem dan membersihkan file-file yang tidak bermanfaat sehingga Windows bisa berjalan lebih cepat. Selain itu CCleaner (beberapa orang menyebutnya CCCleaner atau CC Cleaner) juga membersihkan registry dan file-file sisa kegiatan instal program/software. Ccleaner juga berfungsi untuk menganalisis dan menghapuskan file-file tidak terpakai di Recycle Bin, Recent Documents, file temporer, dan log system. CCleaner juga bisa dipakai untuk membersihkan browser anda dari file temporer, cookie, dan history.


CCleaner bisa membersihkan file-file di atau dari:
·         - Internet Explorer
·         - Firefox
·         - Google Chrome
·         - Opera
·         - Safari
·         - Alamat URL dan file-file yang baru saja dibuka
·         - Windows (seperti di Recycle Bin, Recent Documents, temporary files dan log files)
·         - Registry cleaner
·   - Software aplikasi pihak ketiga (third-party applications) seperti software-software buatan  Adobe  (diantaranya Flash Player, Photoshop, dan Reader), Ad-Aware SE, eMule, Firefox,  Google Toolbar,  Kazaa, Microsoft Office, Nero, Norton Antivirus, OpenOffice, Real Player,  WinAce, Windows  Media Player, WinRAR, WinZip, dan Google, Windows Live, serta  Yahoo Toolbars

Kelebihan
Ukuran filenya sangat kecil dan ringan saat dijalankan. Efektif untuk membersihkan komputer dari file dan program tidak berguna.

Kekurangan
Software ini cukup sensitif sehingga lebih cocok digunakan oleh kalangan power user. Untuk pengguna awam disarankan menggunakan tool ini dengan hati-hati. Jika tidak, kemungkinan komputer bisa bermasalah karena registry terhapus atau keliru membuang aplikasi startup nya