Minggu, 25 Desember 2016

Corporate Communication

NAMA KELOMPOK:
Burhanuddin R. Muslim
Hafidz Haque Hariadi
M. Fadil Fidrian
M. Ridwan
3IA10

Pengertian Corporate Communication
Corporate Communication adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, badan, atau lembaga kepada publik. Publik dapat berasal dari internal yaitu karyawan, stakeholder, dan pemegang saham maupun eksternal seperti agensi-agensi, mitra, media, pemerintah, badan industri dan institusi-institusi, serta masyarakat intelek dan masyarakat umum. Suatu organisasi harus mengkomunikasikan pesan yang sama ke semua yang berkepentingan, untuk mengirimkan koherensi, kredibilitas, dan etika suatu perusahaan.

Fungsi Corporate Communication Eksternal
  • Membujuk konsumen membeli produk
  • Menjelaskan produk atau layanan
  • Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
  • Mempromosikan image positif perusahaan
  • Memberikan kredit dan menagih piutang
  • Salah satu penerapan dari corporate communication eksternal adalah brosur
Fungsi Corporate Communication Internal
  • Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur
  • Menginformasikan progres perusahaan
  • Mendorong pegawai melakukan perbaikan
  • Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai
  • Salah satu penerapan dari corporate communication internal adalah annual report
Brosur
Brosur adalah suatu alat publikasi resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan, yang berisi berbagai informasi mengenai suatu produk, layanan, program dan sebagainya, yang dimana ditujukan kepada pasar sasaran atau sasaran tertentu.

Fungsi Brosur
  1. Fungsi informatif: menginformasikan kepada konsumen potensial berkaitan dengan perusahaan seperti produk atau layanan perusahaan, perubahan baru pada perusahaan dsb.
  2. Fungsi iklan: sebagai alat promosi yang menarik dan memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk jasa
  3. Fungsi identifikasi: desain brosur yang baik memungkinkan suatu perusahaan untuk mempertahankan suatu kriteria pada perusahaan. Kriteria tersebut memudahkan proses identifikasi yang memberikan kredibilitas pada perusahaan
Ciri-ciri Brosur
  • Pernyataan pesannya selalu tunggal.
  • Dibuat bertujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, dan mempengaruhi pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Diterbitkan sekali, tetapi bisa dicetak berulang-ulang
  • Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan.
  • Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  • Copynya harus jelas serta desainnya harus menarik
Contoh Brosur



Annual Report
Annual report/laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah organisasi dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dalam penyusunan laporan tahunan. Annual report merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun.

Fungsi Annual Report
  • Informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun
  • Media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain
  • Meningkatkan daya tarik perusahaan dimata konsumen
  • Dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan
  • Menjelaskan jobdesc dan fungsi masing-masing bidang kerja.