Kamis, 10 Mei 2018

Sentimen Analisis

Sentimen analisis adalah kontekstual mining dari teks dimana mengidentifikasi dan mengekstrak informasi subjektif dari sumber. Dan membantu pebisnis untuk mengerti sentiment social dari merek, produk, atau layanan yang dipantau percakapan online. Namun, analisis dari social media biasanya dibatasi pada sentimen analisis dasar dan perhitungan metrik.

Sentiment analysis ini dibagi menjadi 2 kategori besar :
1.       Coarse-grained sentiment analysis
2.       Fined-grained sentiment analysis

Coarse-grained sentiment analysis - kita mencoba melakukan proses analysis pada level Dokumen. Singkatnya adalah kita mencoba mengklasifikasikan orientasi sebuah dokumen secara keseluruhan. Orientasi ini ada 3 jenis : Positif, Netral, Negatif. Akan tetapi, ada juga yang menjadikan nilai orientasi ini bersifat kontinu / tidak diskrit.

Fined-grained sentiment analysis - kategori kedua ini yang sedang Naik Daun sekarang. Maksudnya adalah para researcher sebagian besar fokus pada jenis ini. Obyek yang ingin diklasifikasi bukan berada pada level dokumen melainkan sebuah kalimat pada suatu dokumen.
contoh :
- Saya tidak suka programming (negatif)
- Hotel yang baru saja dikunjungi sangat indah sekali (positif)

Hingga sekarang, hampir sebagian besar penelitian di bidang sentiment analysis hanya ditujukan untuk Bahasa Inggris karena memang Tools/Resources untuk bahasa inggris sangat banyak sekali. Beberapa resources yang sering digunakan untuk sentiment analysis adalah SentiWordNet dan WordNet.

Sumber:
https://towardsdatascience.com/sentiment-analysis-concept-analysis-and-applications-6c94d6f58c17
http://alfan-farizki.blogspot.co.id/2011/01/apa-itu-sentiment-analysis-opinion.html